Senin, 13 Februari 2012


PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
            Saat ini komputer  bukan lagi merupakan barang  mewah,  alat ini sudah digunakan di
berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan  di sekolah sebagai penunjang  kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. 
            Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer  sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.
Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
 Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan  terbiasa menggunakan
perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara  tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja,  dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi,  mengembangkan sikap  imaginatif, mengembangkan  kemampuan  eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.
·         Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang  mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan  komunikasi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan  Komunikasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan.  Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan  sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara  tepat dan optimal,  termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.  Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang  berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu  padanan  yang tidak  terpisahkan yang  mengandung pengertian  luas tentang segala kegiatan yang  terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan,  dan transfer/pemindahan informasi antar media.
· Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1.  Menyadarkan siswa akan  potensi perkembangan teknologi informasi dan 
komunikasi yang  terus berubah  sehingga siswa dapat termotivasi untuk 
mengevaluasi dan  mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai
dasar untuk belajar sepanjang hayat. 
2.  Memotivasi kemampuan siswa untuk  bisa beradaptasi dan mengantisipasi
perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,  sehingga siswa bisa
melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari­hari secara  mandiri dan 
lebih percaya diri. 
3.  Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi
dan Komunikasi untuk  mendukung  kegiatan  belajar, bekerja, dan  berbagai
aktifitas dalam kehidupan sehari­hari. 
4.  Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan 
Komunikasi,  sehingga proses pembelajaran dapat lebih  optimal,  menarik,  dan 
mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi,  terampil mengorganisasi
informasi, dan terbiasa bekerjasama. 
5.  Mengembangkan kemampuan belajar mandiri,  berinisiatif,  inovatif, kreatif,  dan 
bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari­hari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut,  kita harus mengintegrasikan TIK dalam
proses belajar mengajar  di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan 
informasi saja. 
Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang,  kita harus
mempersiapkan  diri dan melakukan perencanaan yang  matang  dalam
mengimplementasikan  TIK di madrasah.  Jika kita tidak  memulainya sekarang maka
madrasah  sebagai salah satu institusi pendidikan  selain sekolah yang  berada dibawah 
Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin 
berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain.  Di satu sisi,  kita sedang 
berusaha mengejar  ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan Bahasa
Inggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh.
Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas
Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat ini
Depdiknas mempunyai program pengembangan  TIK secara  besar­besaran.  Ada tiga
posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.  Bidang  kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK
secara teknis baik hardware dan software  masuk  dalam kurikum pendidikan. 
Dibentuknya ICT center  di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolah­ 
sekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota. 
2.  Pustekkom,  sebagai salah satu ujung  tombak  dalam pengembangan TV
pendidikan interaktif,  E­learning dan E­SMA.  Program ini bertujuan  untuk 
mempersempit jurang  perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan 
daerah. 
3.  Jardiknas (Jejaring  Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan 
kedua program di atas agar terbentuk  sebuah jaringan yang menghubungkan 
semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah 
di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. 
Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut
karena bersifat terbuka
Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran
TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari
hardware dan software.Ada hal penting  yang  harus diperhatikan dalam memanfaatkan 
TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware  dan software yang  tersedia dan  jenis
metode pembelajaran yang akan digunakan. 
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1.  Presentasi
Presentasi merupakan cara  yang  sudah lama digunakan,  dengan menggunakan 
OHP atau chart.  Peralatan yang  digunakan  sekarang biasanya menggunakan5 
sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita
memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, 
sehingga tampilannya menjadi lebih menarik  dan memudahkan siswa untuk 
menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan 
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. 
Ada beberapa hal yang  harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi, 
diantaranya:
a.  Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan. 
b.  Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa. 
c.  Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
d.  Usahakan bentuk presentasi yang interaktif. 
2.  Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan 
kelas, misalnya eksperimen. 
Kita bisa membuat suatu film cara­cara melakukan suatu kegiatan misalnya cara 
melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian 
kegiatan yang  penting.  Sehingga dengan cara  ini siswa bisa kita arahkan untuk 
melakukan kegiatan yang  benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan 
tersebut. 
Cara lain adalah memanfaatkan media internet,  kita bisa menampilkan animasi
yang  berhubungan dengan materi yang  kita ajarkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar