PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Saat
ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini
sudah digunakan di
berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang
pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai
penunjang kelancaran pekerjaan
bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel
dan access.
Dengan
masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka
peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai
salah satu media pembelajaran.
Kutipan
dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan
perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal
untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar,
bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi,
mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan
kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan
perkembangan baru di lingkungannya.Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan
·
Melalui mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan
pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam
penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa
menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan
saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan cepat
mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan.
Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar
mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri
kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat
ini dan dimasa yang akan datang. Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi
Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat
yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak
terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan,
dan transfer/pemindahan informasi antar media.
·
Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi
Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi
perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi yang terus berubah sehingga
siswa dapat termotivasi untuk
mengevaluasi dan mempelajari Teknologi
Informasi dan Komunikasi sebagai
dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa
beradaptasi dan mengantisipasi
perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi, sehingga siswa bisa
melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan
seharihari secara mandiri dan
lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam
menggunakan Teknologi Informasi
dan Komunikasi untuk mendukung
kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai
aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis
Teknologi Informasi dan
Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat
lebih optimal, menarik, dan
mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi,
terampil mengorganisasi
informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan
belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif,
dan
bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi
untuk pembelajaran, bekerja, dan
pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut,
kita harus mengintegrasikan TIK dalam
proses belajar mengajar di madrasah bukan
hanya untuk mata pelajaran teknologi dan
informasi saja.
Melihat kondisi TIK pada saat ini dan
perkembangannya di masa datang, kita harus
mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan
yang matang dalam
mengimplementasikan TIK di madrasah.
Jika kita tidak memulainya sekarang maka
madrasah sebagai salah satu institusi
pendidikan selain sekolah yang berada dibawah
Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika
ini terjadi, usaha kita akan semakin
berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah
lain. Di satu sisi, kita sedang
berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata
pelajaran khususnya MIPA dan Bahasa
Inggris, di sisi lain TIK akan
membuat kita tertinggal semakin jauh.
Mengamati Program Pengembagan TIK
yang dilakukan Depdiknas
Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di
sekolah dari negara lain, saat ini
Depdiknas mempunyai program pengembangan TIK
secara besarbesaran. Ada tiga
posisi penting di Depdiknas dalam program
pengembangan TIK, yaitu:
1. Bidang kejuruan, TIK menjadi
salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK
secara teknis baik hardware dan software
masuk dalam kurikum pendidikan.
Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia.
Untuk menghubungkan sekolah
sekolah di
sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2. Pustekkom, sebagai salah satu
ujung tombak dalam pengembangan TV
pendidikan interaktif, Elearning dan
ESMA. Program ini bertujuan untuk
mempersempit jurang perbedaan kualitas
pendidikan antara kota besar dengan
daerah.
3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan
Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan
kedua program di atas agar terbentuk sebuah
jaringan yang menghubungkan
semua sekolah di Indonesia. Sehingga
diperkirakan di masa depan semua sekolah
di Indonesia akan terkoneksi dengan
internet.
Melihat program yang diadakan oleh
Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut
karena bersifat terbuka
Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran
TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri
sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari
hardware dan software.Ada hal penting
yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan
TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware
dan software yang tersedia dan jenis
metode pembelajaran yang akan digunakan.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah
lama digunakan, dengan menggunakan
OHP atau chart. Peralatan yang
digunakan sekarang biasanya menggunakan5
sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada
beberapa keuntungan jika kita
memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan
animasi dan film,
sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan
memudahkan siswa untuk
menangkap materi yang kita sampaikan. Software
yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
a. Jangan terlalu banyak tulisan
yang harus ditampilkan.
b.
Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat
oleh banyak siswa.
c.
Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan bentuk
presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan
suatu kegiatan di depan
kelas, misalnya eksperimen.
Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan
suatu kegiatan misalnya cara
melakukan pengukuran dengan mikrometer yang
benar atau mengambil sebagian
kegiatan yang penting. Sehingga dengan
cara ini siswa bisa kita arahkan untuk
melakukan kegiatan yang benar atau mengambil
kesimpulan dari kegiatan
tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet,
kita bisa menampilkan animasi
yang berhubungan dengan materi yang kita
ajarkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar