Senin, 06 Februari 2012



SEJARAH PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI




BAB 1
PENDAHULUAN

Sejarah mencatat bahwa teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa. Diawali dari masa prasejarah, Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Beralih ke masa modern, Johan Gutenberg memperkenalkan mesin cetak pertama yang menggunakan plat hurup dari besi, kemudian Lady Byron menulis program computer yang pertama di dunia dengan menggunakan mesin analytical yang didesain mampu memasukan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam bentuk kartu. Setelah itu, Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse. Terakhir adalah diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN  sebagai bentuk pengembangan internet (http://situsonline.com/2010/10/10/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/).
Begitu pesatnya perkembangan teknologi menunjukkan semakin bertambahnya pengetahuan dan keterampilan manusia. Pada zaman modern seperti sekarang ini, teknologi tentunya menjadi hal mutlak yang dimiliki manusia dan mempermudah segala aktivitasnya. Semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, kemungkinan akan muncul teknologi-teknologi lain yang mutu dan kualitasnya lebih bersaing dengan teknologi lainnya. Dalam makalah ini, akan lebih dibahas mengenai sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.



BAB II
PEMBAHASAN
Dari masa ke masa semua peralatan teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, lebih canggih dan lebih memudahkan manusia dalam bekerja dan memecahkan persoalan-persoalan yang ada.Rusman, Kurniawan, dan Riyana (2011) mengemukakan bahwa perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi, yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi. Mulai dari gambar-gambar yang terukir di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi dan komunikasi maya yang kemudian dikenal dengan nama Internet. Informasi yang disampaikan pun berkembang dari sekedar menggambarkan keadaan sampai pada revolusi pembelajaran. Ada tiga masa sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, yaitu:
a.  Masa Prasejarah (……s.d. 3000 SM)
Pada masa pra sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya. Kemampuan bahasa mereka saat itupun hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b.  Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)
Perkembangan cara berkomunikasi semakin maju pada masa sejarah, mulai dari ditemukannya abjad fonetik, kerta sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku.Berikut perkembanganinformasiyangterjadiselamamasa sejarah.

Penemuan Alat TIK Masa Sejarah
Tahun
Peristiwa
3000 SM
Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang disebut piktograf.
2900 SM
Bangsa Mesir kuno telah mengembangkan tulisan Hieroglif untuk berkomunikasi.
2500 SM
Abacus  
Alat ini dianggap sebagai alat perhitungan digital pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus atau sempoa ini, diperkirakan berasal dari Babylon, Cina, atau Mesir.
1775 SM
Bangsa Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan.
1400 SM
Bangsa China mulai menuliskan sejarah mereka pada kepingan tulang binatang.
1270 SM
Bangsa Suriah telah membuat Ensiklopedia untuk pertama kalinya
900 SM
Bangsa China membuat sistem pelayanan pos dan kantor pos yang pertama
776 SM
Bangsa Yunani mempergunakan burung merpati untuk mengirimkan informasi
530 SM
Bangsa Yunani juga membuat perpustakaan untuk pertama kalinya
500 SM
Bangsa Mesir kuno menggunakan serat pohon papyrus sebagai kertas
105 SM
Bangsa China menemukan kertas. Orang yang menemukan kertas itu bernama Tsai Lun. Kertas tersebut terbuat dari serat pohon bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan dan kemudian dikeringkan.
14 M
Bangsa Romawi secara resmi membuat sistem pelayanan pos
37 M
Kaisar Tiberius dari Roma menggunakan cermin sebagai alat mengirim pesan (heliograf).
305 M
Bangsa China menciptakan mesin cetak pertama yang terbuat dari lempengan kayu ukir. Sistem pencetakkan dilakukan dengan menggunakan blokm kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta.

c. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
Pada masa ini terjadi kemajuan yang cukup berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Berikut perkembangan yang terjadi selama masa modern.
Perkembangan Alat TIK Masa Modern
Tahun
Peristiwa
1450 M
Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa meski belum terbit secara harian
1455 M
Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf dari besi dan dibingkai dengan kayu yang dapat diganti-ganti
1560 M
Kamera foto pertama diciptakan dengan nama Camera Obscure
1642 M
Pascal’s Machine Aritmetique (The Pascaline) dibuat oleh Blaise Pascal ahli matematika dan ahli filsafat dari prancis. Alat ini merupakan alat perhitungan dengan mesin mekanik yang pertama, dan sampai saat ini computer modern masih menggunkan teknik alat ini.
1650 M
Surat kabar pertama beredar di Jerman
1714 M
Henry Mill dari Inggris menciptakan mesin ketik modern
1793 M
Claude Chappe membuat jalur telegraf optic jarak jauh
1821 M
Microfon untuk pertama kalinya ditemukan oleh Charles Whaetstone
1830 M
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk . 
1831 M
Joseph Henry menciptakan jalur listrik pertama di dunia
1837 M
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
1843 M
Alexander Bain menciptakan mesin Faksimili pertama
1861 M
Ditemukannya alat yang bernama Kinematoskop untuk memutar slide
1876 M
Thomas Alva Edison menemukan mesin fotocopi pertama, Alexander Graham Bell menyatakan dirinya yang telah menciptakan pesawat telepon. Pada tahun yang sama, Melvyl Dewey mengembangkan system pencatatan katalog buku untuk perpustakaan diseluruh dunia yang bernama Sistem Desimal Dewey
1877 M
1)   Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
2)   Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge
1888 M
Diciptakannya gulungan film untuk memotret oleh George Eastman
1899 M
Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang
1910 M
Thomas Alva Edison menciptakan film bersuara pertama di dunia
1923 M
Ditemukannya pesawat televisi pertama oleh Vladimir Kosma Zworykin
1934 M
Joseph Begun mengembangkan Tape Recorder
1936 M
Komputer pertama di dunia dengan nama Z1 telah diciptakan oleh Konrad Zuse
1940 M
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
1945 M
Vannevar Bush mengembangkan kode Hypertext
1946 M
ENIAC 1 yang merupakan komputer digital pertama dikembangkan
1957 M
Uni Soviet (RMusia) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama, sedangkan di Amerika terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
1958 M
Chester Carlson menciptkakan mesin fotokopi pertama dengan nama Xerox
1963 M
Amerika menciptakan sistem kode pos
1969 M
Lahirnya ARPANET sebagai cikal bakal adanya Internet
1971 M
Diciptakannya Disket pertama di dunia
1972 M
Ray Tomlinson menciptakan Program e-mail pertama
1973 M
Lahirnya protokol internet TCP/IP
1979 M
Jepang mempelopori terciptanya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia
1980 M
Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia
1985 M
Ditemukannya cakram penyimpan data (CD)
1992 M
Munculnya WWW oleh CERN (Laboratorium Partikel di Swiss)
1999 M
Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaitu Google.com



Sejarah Perkembangan Komputer
Perkembangan komputer terbagi menjadi 5 generasi, yaitu sebagai berikut.
a.    Komputer Generasi Pertama (1940 s.d. 1959)
Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik.Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah:
·                      Program dibuat dalam bahasa mesin,
·                      Menggunakan konsep storage Program,
·                      Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
·                      Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
·                      Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.

b.   Komputer Generasi Kedua (1959 s.d. 1965)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatansingkatan untuk menggantikan kode biner.Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen- komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Ciri-ciri komputer generasi kedua antara lain:
·         Kapasitas memori utama cukup besar,
·         Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa udara,
·         Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
·         Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing,
·         Proses operasinya lebih cepat,
·         Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik.
Contohnya, komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini komersial yang pertama.Selain itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.
c.    Komputer Generasi Ketiga (1965 s.d. 1970)
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan systemoperasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankanberbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utamayang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga antara lain:
·         Komponen yang dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusanatau ribuan transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic integratedcircuits,
·         Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
·         Ukuran fisik jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
·         Menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access,
·         Dapat melakukan multiprocessing dan multiProgramming,
·         Alat input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan visual displayterminal, serta
·         Dapat melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputerlainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lainsebagainya.


d.   Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)
Sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
·         Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration, serta
·         Menggunakan mikroprosesor dan semi konductor yang berbentu chip untuk memori komputer
Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.
e.    Komputer Generasi Kelima (1991 sampai sekarang)
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
Komputer generasi kelima kini sedang dalam pengembangan.Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration).Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip.Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang.Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence).Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.


Sejarah Ditemukannya Radio
Radio merupakan salah satu barang elektronik yang sudah tidak asing lagi.Hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki benda satu ini.Pada awal tahun 1890-an seorang Itali bernama Guglielmo Maconi menciptakan inovasi-inovasi atas dasar peralatan yang diciptakan oleh Hertz.Marconi telah berhasil meningkatkan jarak pancaran gelombang elektromagnet dan mengisinya dengan informasi. Sehingga peralatan transmitter dan receiver ciptaan Marconi tersebut mampu memindahkan informasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa kawat, inilah awal dari komunikasi radio.Pada tahun 1895, seorang penemu dari Italia bernama Guglielmo Marconi mengkombinasikan teori-teori yang sudah ada (tentang elektromagnetik) dengan idenya sendiri.Ia adalah orang pertama yang mengirimkan sinyal radio melalui udara.Ia menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirim kode sinyal telegraf dalam jangkauan lebih dari 1,5 Km.
Pada tahun 1901, radio temuan Marconi mengirim sinyal kode menyebrangi Samudra Atlantik dari Inggris ke Newfoundland. Selama satu dekade hingga 1912, ia mematenkan sejumlah temuan untuk menyempurnakan sistem radio yang diciptakannya. Pada tahun 1909 ia mendapat Nobel bidang fisika. Dunia inovasi radio mencatat nama Guglielmo Marconi, sebagai penemu radio pertama.Sekitar tahun 1900, para penemu mencoba mengembangkan alat yang dinamakan “vacuum tube” yang digunakan untuk mendeteksi dan memperluas sinyal radio. Lee de forest, seorang penemu dari Amerika mempatenkan lampu Vakum temuannya yang dikenal dengan triode atau audion pada tahun 1907.
Pada tahun 1918, Edwin H Amstrong dari Universitas Kolombia mengembangkan alat penerima gelombang radio, yang biasa disebut Super heterodyne circuit. Pada 1933 Amstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation), yang memberi penerimaan jernih meskipun ada badai dan menawarkan ketepatan suara yang tinggi yang sebelumnya belum ada.Atas kejernihan suara yang dihasilkannya di awal ’60-an, saluran FM mendominasi sistem radio, dan bahkan digunakan untuk komunikasi antara bumi dan luar angkasa oleh Badan Antariksa Nasional Amerika, NASA.

Sejarah Penemuan Televisi

Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision).Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi. Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun perusahaan. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, yaitu hukum Gelombang Elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.
·         1876 - George Carey menciptakan Selenium Camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Belakangan, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dinamakan sebagai Sinar Katoda.
·         1884 - Paul Nipkov, Ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut Teleskop Elektrik dengan resolusi 18 garis.
·         1888 - Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal (liquid crystals), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun LCD baru dikembangkan sebagai layar 60 tahun kemudian.
·         1897 - Tabung Sinar Katoda (CRT) pertama diciptakan oleh ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi cikal bakal televisi layar tabung.
·         1900 - Istilah Televisi pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran Teknologi Dunia di Paris.
·         1907 - Campbell Swinton dan Boris Rosing dalam percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar.
·         1927 - Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi.
·         1923 - Vladimir Kozma Zworykin, mendaftarkan paten atas namanya untuk penemuannya, kinescope, televisi tabung pertama di dunia. Setahun kemudian, dia mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat dan menyelesaikan studi doktornya di Universitas Pittsburgh. Vladimir lahir di Rusia, 30 Juli 1889. Dia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT. Dia bekerja di perusahaan elektronik RCA dan selama 1930 hingga 1940-an, perusahaan itu memanjakannya dengan menguras dana US$ 150 juta untuk produksi teknologi televisi. Keterbukaan Zworykin pada kritik, membuatnya menemukan penemuan baru lagi. Sebuah kamera tabung. Ini melengkapi teknologi televisi tabung penemuannya. Penemuan itu dinamakannya iconoscope, berasal dari bahasa Yunani, icon yang berarti citra dan scope yang berarti mengamati. Ia meninggal karena usia tua pada 29 Juli 1982. Dialah yang kemudian sebagai Sang Penemu Televisi. (1889-1982).
·         1939 - tepatnya tanggal 11 Mei, untuk pertama kalinya, sebuah pemancar televisi dioperasikan di kota Berlin, Jerman. Dengan demikian, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Stasiun televisi itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Powel Nipkov, ilmuwan terkenal Jerman dan salah seorang penemu peralatan televisi.
·         1940 - Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis.
·         1956 - Robert Adler kelahiran Amerika Serikat bersama rekannya Eugene Polley, menemukan remote control televisi. Walaupun bukan televisinya, tetapi penemuannya menjadi sangat penting bagi teknologi televisi. Dia meninggal dalam usia 93 tahun. Penerima penghargaan Emmy tahun 1997 karena penemuannya itu mendapatkan lebih dari 180 paten Amerika selama karir 58 tahunnya. Menurut istrinya, pengendali jarak jauh televisi itu bukanlah penemuan favoritnya dan dia jarang menonton televisi.
·         1958 - Sebuah karya tulis ilmiah pertama tentang LCD sebagai tampilan layar televisi dikemukakan oleh Dr. Glenn Brown.
·         1964 - Prototipe sel tunggal display Televisi Plasma pertamakali diciptakan Donald Bitzer dan Gene Slottow. Langkah ini dilanjutkan Larry Weber.
·         1967 - James Fergason menemukan teknik twisted nematic, layar LCD yang lebih praktis.
·         1968 - Layar LCD pertama kali diperkenalkan lembaga RCA yang dipimpin George Heilmeier.
·         1975 - Larry Weber dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna.
·         1979 - Para Ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menciptakan tampilan jenis baru organic light emitting diode (OLED). Sejak itu, mereka terus mengembangkan jenis televisi OLED. Sementara itu, Walter Spear dan Peter Le Comber membuat display warna LCD dari bahan thin film transfer yang ringan.
·         1981 - Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis.
·         1987 - Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display pertama kali.
·         1995 - Setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Weber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Larry Weber kemudian megadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita. 2000-an, masing-masing jenis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma maupun CRT terus mengeluarkan produk terakhir yang lebih sempurna dari sebelumnya. 2008 dan seterusnya, menyusul perkembangan televisi digital di negara-negara Amerika dan Eropa, Indonesia juga akan menerapkan sistem penyiaran Televisi digital (Digital Television/DTV) adalah jenis TV yang menggunakan Modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan signal data ke pesawat televisi.
Latar belakang pengembangan televisi digital:
-Perubahan lingkungan eksternal
-Pasar TV analog yang sudah jenuh
-Komplain adanya noise, ghost dll
-Kompetisi dengan sistem penyiaran satelit dan kabel (Cable Television)
Perkembangan teknologi :
-Teknologi pemrosesan sinyal digital (Digital Signal Processor)
-Teknologi transmisi digital
-Teknologi semikonduktor
-Teknologi peralatan display yang beresolusi tingggi
Keunggulan televisi digital :
-High Definition. 5~6 kali lebih halus dibanding televisi analog.
-Finest sound. Kemampuan mereproduksi suara seperti sumber aslinya.
-Multifunction. Memberi kemampuan untuk merekam dan mengedit siaran
-Multichannel (satu saluran dapat diisi lebih dari 5 program yang berbeda)




























BAB III
KESIMPULAN

Dari masa ke masa semua peralatan teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, lebih canggih dan lebih memudahkan manusia dalam bekerja dan memecahkan persoalan-persoalan yang ada.Ada tiga masa sejarah perkembangan teknologi informasidankomunikasi, yaitu:
1. Masa Pra-Sejarah (... s.d. 3000 SM). Pada awalnya TIK yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada di sekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
2. Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400-an M). Pada masa ini teknologi informasi belum menjadi teknologi massal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu dan terbatas, digunakan pada saat-saat khusus, dan harganya cukup mahal. Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangs Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda penyebutannya, sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
3. Masa Modern (1400-an M s.d. Sekarang). Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya.Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh ruang, jarak, dan waktu.Kemajuan teknologi pada masa modern yang berkembang saat ini yaitu dengan ditemukannya komputer. Dengan teknologi komputer kegiatan pembelajaran dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu dan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan ICT dalam kegiatan pembelajaran seperti pembelajaran berbasis komputer (CD interaktif), pembelajaran berbasis web (e-learning) merupakan suatu keniscayaan yang harus dikembangkan dalam lembaga pendidikan.




























DAFTAR PUSTAKA

La’ia. 2010. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Online), (http://situsonline.com/2010/10/10/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/).

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saptari, M. 2010.Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Online), (http://saptarigeg.blogspot.com/2010/09/sejarah-perkembangan-teknologi.html).

Tanpa nama. Tanpa tahun. Sejarah Ditemukannya Radio, (Online), (http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/95-sejarah-ditemukannya-radio).
Tanpa nama. 2008. Sejarah Penemuan dan Inovasi Televisi, (Online), (http://duniatv.blogspot.com/2008/02/sejarah-televisi.html).



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar